19 Oktober 2021

Cara Merintis Usaha, Riset dan Mentalitas Sangat Diperlukan

Cara merintis usaha tidak bisa kita lakukan asal dan tanpa perencanaan. Ada banyak hal yang mesti kita pelajari dan siapkan untuk merintis usaha baru. Termasuk melakukan riset dan mengenal jenis usaha yang kita pilih.

Hidup memang tidak harus selalu menjadi karyawan atau pegawai kantoran tanpa ingin mengubah kehidupan. Terkadang kita harus keluar dari zona nyaman dengan membuat usaha sendiri untuk menjadi sumber penghasilan.

Cara Merintis Usaha

Meski kita masih awam dengan dunia bisnis bukan berarti kita tidak bisa atau tidak boleh menjadi pengusaha. Mengutip kata-kata bijak dari ekonom terkemuka EF Schumacher bahwa bisnis adalah soal seni dan bukan bakat.

Siapapun bisa menjadi pengusaha. Asalkan ada kemauan, ada niat, serta modal maka siapa saja tidak akan kesulitan untuk membangun usaha sendiri. Karena itu Anda perlu mengetahui cara merintis usaha sebelum terjun dalam dunia bisnis.

Tahapan Cara Merintis Usaha

Memiliki usaha sendiri yang bisa memberikan penghasilan tidak sedikit tentunya sangat membanggakan. Tak sedikit para pelaku bisnis yang sekarang menjadi CEO atau konglomerat membangun usahanya dari nol.

Begitu juga  jika Anda ingin terjun dalam dunia bisnis tentunya harus menguasai banyak hal. Utamanya terhadap jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Hal itu supaya usaha yang kita rintis dan lakukan tidak salah arah.

Siapapun yang ingin memiliki bisnis harus belajar membangun usaha. Hal ini penting untuk memberikan panduan supaya usaha berjalan sesuai rencana. Yuk langsung saja simak beberapa langkah penting cara merintis usaha yang wajib Anda tahu.

Menentukan Bidang Usaha

Saat kita ingin menjalankan pekerjaan dalam bidang usaha atau bisnis, maka modal awal adalah hal yang menentukan usaha tersebut. Ada banyak sekali bidang usaha yang dapat kita tentukan berdasarkan modal yang ada.

Selain itu dari setiap bidang usaha juga mempunyai perbedaan menyangkut target penjualan, pemasaran, modal, dan aspek lainnya. Oleh karena itu saat Anda mau membangun usaha, maka tentukan jenis usahanya terlebih dahulu.

Sebagai saran saja, lebih baik pilih bidang usaha yang kita memang mempunyai keahlian dalam bidang tersebut. Paling tidak kita mengetahui atau mengenalnya. Sebab saat mulai merintis usaha, kita harus belajar membangun usaha dari nol.

Berbagai persoalan dan pengetahuan baru akan kita dapatkan seiring berjalannya waktu. Apabila kita berjalan sesuai bidang yang kita kuasai, maka hal ini akan memudahkan kita menjalankan usaha tersebut.

Lakukan Riset atau Survey Lapangan

Setelah kita menentukan bidang usahanya, cara merintis usaha selanjutnya juga harus melakukan riset mengenai hal yang berkaitan dengan calon usaha kita. Kita perlu melakukan survey lapangan terhadap berbagai hal.

Seperti tentang bahan-bahan, target penjualan, lokasi usaha, hingga kebutuhan orang terhadap usaha kita. Termasuk hal apa saja yang disukai supaya menjadi keunggulan usaha, harga dan masih banyak lainnya.

Dari berbagai hal tersebut perlu juga kita mengenal dan menentukan konsumen yang akan jadi target penjualan. Sebab dengan menyediakan keperluan mereka, menempatkan usaha yang mudah terjangkau akan menjadi poin keberhasilan usaha yang kita lakukan.

Dengan melakukan riset kita juga mempunyai keunggulan yang akan menarik hati mereka. Untuk keperluan lain, hasil riset juga penting menjadi bahan marketing atau pemasaran usaha. Sehingga pemasaran akan lebih terarah dan lebih efektif hasilnya.

Belajar Administrasi

Yang tak kalah penting cara merintis usaha juga harus menguasai soal administrasi. Sebagai orang yang baru merintis usaha, sudah pasti semua aspek usaha akan kita tangani sendiri.

Begitu pun untuk soal keuangan atau administrasi, kita harus belajar mengatur keuangan usaha agar jelas hasil dan pembagiannya. Menguasai soal ini akan memudahkan Anda untuk mencegah kebocoran dan penyelewengan sekaligus meningkatkan efisiensi.

Mengetahui teknis administrasi akan berguna untuk mencatat semua aktivitas keuangan usaha. Catatan semua aktivitas kecil dan besar, pengeluaran serta pemasukan. Pelajari hal itu supaya usaha kita bisa berjalan dan berkembang sesuai target.

Itulah berbagai langkah penting cara merintis usaha yang sebaiknya Anda perhatikan. Menjalankan bisnis tidak bisa asal-asalan tanpa persiapan. Dengan perencanaan dan pengetahuan yang memadai akan lebih memudahkan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.